Sabtu, 26 Juni 2010

pengantar ilmu falak

BAB I
PENGANTAR ILMU FALAK
1.Pengertian Ilmu Falak
Menurut bahasa atau etimologi, falak (الفلك) artinya orbit atau lintasan benda-benda langit, sehingga ilmu falak adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari lintasan benda-benda langit -khususnya bumi, bulan dan matahari- pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya, agar dapat diketahui waktu-waktu di permukaan bumi.
Ilmu ini disebut dengan ilmu falak, karena ilmu ini mempelajari lintasan benda-benda langit (الفلك). Ilmu ini disebut juga dengan ilmu hisab, karena ilmu ini menggunakan perhitungan الحساب) = perhitungan). Ilmu ini disebut juga ilmu rashd, karena ilmu ini memerlukan pengamatan الرشد) = pengamatan). Ilmu ini sering juga disebut ilmu miqat, karena ilmu ini mempelajari tentang batas-batas waktu الميقات) = batas-batas waktu). Dari keempat istilah di atas, yang populer di masyarakat adalah ilmu falak dan ilmu hisab.
Beberapa ilmu yang mempunyai obyek yang sama dengan ilmu falak antara lain:
Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit secara umum.
Astrologi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh benda-benda langit itu terhadap kehidupan (nasib) seseorang di bumi. Astrologi ini yang dikenal dengan ilmu nujum.
Astrofisik adalah ilmu yang menerangkan benda-benda langit dengan cara-cara, hukum-hukum, alat-alat dan teori-teori ilmu fisika.
Astromatrik adalah ilmu yang mempelajari pengukuran terhadap benda-benda langit dengan tujuan antara lain untuk mengetahui ukurannya dan jarak antara satu benda langit dengan benda langit lainnya.
Astromekanik adalah ilmu yang mempelajari gerak dan daya tarik benda-benda langit, dengan cara-cara, hukum-hukum dan teori-teori mekanika.
Kosmografi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit dengan tujuan untuk mengetahui data dari seluruh benda-benda langit.
Kosmogoni adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit dengan tujuan untuk mengetahui latar belakang kejadiannya dan perkembangan selanjutnya.
Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk, tata himpunan, sifat-sifat dan perluasan dari jagat raya. Prinsip kosmologi mengatakan bahwa jagat raya adalah sama ditinjau pada waktu kapanpun dan di tempat manapun.
2.Ruang Lingkup Pembahasan
Ilmu falak atau ilmu hisab pada garis besarnya ada dua macam, yaitu ‘ilmiy dan ‘amaliy.
Ilmu falak ‘ilmiy adalah ilmu yang membahas teori dan konsep benda-benda langit, misalnya dari segi asal mula kejadiannya (kosmogoni), bentuk dan tata himpunannya (kosmologi), jumlah anggotanya (kosmografi), ukuran dan jaraknya (astrometrik), gerak dan gaya tariknya (astromekanik) dan kandungan unsur-unsurnya (astrofisik). Ilmu falak yang demikian ini disebut theorical astronomy.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar